Syarat & Ketentuan


I. DEFINISI UMUM

  1. tempatniaga adalah situs jual beli yang dikelola oleh PT Sayan Proses yang diperuntukkan bagi Penjual dalam melakukan penjualan barang yang dimiliki kepada Pengguna.

  2. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan tempatniaga.id termasuk namun tidak terbatas pada Penjual, Pembeli, pengunjung ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke situs tempatniaga.id.

  3. Penjual adalah pihak yang telah terdaftar pada tempatniaga untuk melakukan penjualan produk yang dimiliki melalui tempatniaga.

  4. Pembeli adalah pihak yang melakukan pembelian di situs tempatniaga dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian barang/jasa.

        Dengan mengakses tempatniaga maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Ketentuan Umum ini dan    terikat dengan hak dan kewajiban. 


II. KETENTUAN UMUM

  1. Pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.

  2. Untuk menjadi Penjual dan Pembeli wajib melakukan pendaftaran secara online di website tempatniaga.

  3. Penjual diwajibkan menggunakan layanan daftar Penjual online dan memenuhi persyaratan dan kewajiban yang diatur dalam tempatniaga.

  4. tempatniaga tidak bertanggung jawab atas kualitas barang, proses pengiriman, rusaknya reputasi pihak lain, dan/atau segala bentuk perselisihan yang dapat terjadi antar Pengguna.

  5. tempatniaga tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & Ketentuan dan /atau hukum yang berlaku.

  6. Pengguna dilarang menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem tempatniaga, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) manipulasi data Penjual (ii) Kegiatan perambanan (crawling/scraping), (iii) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi dsb, (iv) penambahan produk ke etalase, (v) dan/atau aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi system, diluar prosedur yang ditetapkan tempatniaga.

  7. tempatniaga memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan saldo Penjual apabila ditemukan/diduga adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan tempatniaga.

  8. tempatniaga memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan atas permasalahan yang terjadi pada setiap transaksi.

  9. Penjual dilarang melakukan duplikasi akun, duplikasi produk, atau tindakan-tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat tanpa melalui pemberitahuan terlebih dahulu kepada tempatniaga.

  10. Penjual tidak memiliki hak untuk mengubah user ID, nama dan domain yang telah terdaftar pada tempatniaga.

  11. Penjual dan Pembeli bertanggungjawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun.

  12. tempatniaga tidak akan meminta password akun Penjual maupun Pembeli untuk alasan apapun dan, oleh karena itu menghimbau agar tidak memberikan password akun kepada pihak lain, yaitu pihak ketiga maupun pihak lain yang mengatasnamakan tempatniaga.

  13. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa tempatniaga tidak bertanggung jawab atas kerugiaan atau kerusakan yang timbul dari penyalahgunaan akun.

  14. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan one time password (OTP) maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna sesuai ketentuan yang berlaku.

  15. Syarat & Ketentuan di dapat berubah sewaktu-waktu dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Dengan mengakses , Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan di tempatniaga.


III.  MEKANISME PENJUAL DI tempatniaga

        A. PENDAFTARAN PENJUAL

        Mendaftar menjadi Penjual di tempatniaga.id dapat dilakukan secara online di website http://www.tempatniaga.id. Setelah melakukan pendaftaran secara online,
        pihak
tempatniaga akan melakukan verifikasi data calon Penjual.
      
    
        Penjual tidakdapat melakukan aktifitas penjualan produk tanpa melakukan pendaftaran online dan menyetujui s
yarat & Ketentuan di tempatniaga.

        Penjual bertanggung jawab secara penuh atas segala risiko yang timbul di kemudian hari terkait dengan informasi yang dibuatnya, termasuk, namun tidak terbatas
       pada hal-hal yang berkaitan dengan hak
cipta, merek, desain industri, desain tata letak sirkuit, hak paten dan/atau izin lain yang telah ditetapkan atas suatu
         produk menurut hukum yang
berlaku di Indonesia.

       Penjual tidak diperkenankan mencantumkan alamat (e-mail, situs, forum, dan social network), nomor kontak, ID/PIN/username social media, dan nomor
         rekening bank selain
pada kolom yang disediakan.

        Penjual dilarang melakukan duplikasi penjualan barang dengan menyalin atau menggunakan gambar dari Penjual lain.

        Penjual wajib memperbarui (update) ketersediaan dan status barang yang dijual.   

      Penjual dilarang membuat transaksi fiktif atau palsu demi kepentingan menaikkan feedback. tempatniaga  berhak mengambil tindakan seperti pemblokiran akun
        atau
tindakan lainnya apabila ditemukan tindakan kecurangan.


        B. PENDAFTARAN PRODUK

        Setelah Penjual resmi terdaftar di tempatniaga.id, Penjual akan mendapatkan panduan atau tutorial untuk melakukan pendaftaran produk. 


        C. PENGIRIMAN PRODUK

        Penjual akan mendapatkan notifikasi mengenai order dari Pembeli. Waktu untuk pemenuhan order adalah 3 x 24 jam. Penjual wajib melakukan packaging dengan
        baik dan benar
untuk menjaga produk seperti yang dipesan oleh Pembeli. Penjual akan menginformasikan ke jasa pengiriman yang ditunjuk oleh tempatniaga untuk
       dilakukan pengambilan
paket untuk kemudian diantarkan ke alamat Pembeli.  Paket yang telah siap akan diambil oleh Pihak Jasa Pengiriman yang telah
        bekerjasama dengan
tempatniaga.


        D. PEMBAYARAN KE PENJUAL

        Jika dalam jangka waktu 5 hari kerja sejak barang dikirimkan oleh jasa pengiriman tidak ada konfirmasi dari Pembeli maka tempatniaga akan melakukan
        pembayaran kepada
Penjual di rekening yang didaftarkan dan tempatniaga akan mengirimkan laporan ke Penjual.       

       Tempatniaga mengenakan biaya pelayanan kepada Penjual untuk setiap transaksi yang telah selesai (Biaya Transaksi). Detil dari biaya Transaksi akan disampaikan
       ke masing-masing Penjual.  Dengan melakukan penjualan di tempatniaga, Penjual menyatakan  bersedia dikenakan    Biaya Transaksi.    


IV. TRANSAKSI PEMBELIAN

  1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh tempatniaga.

  2. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli dan kemudian tempatniaga  akan meneruskan dana ke Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada situs tempatniaga telah selesai.

  3. Saat melakukan pembelian barang, Pembeli menyetujui bahwa:               

  • Pembeli bertanggungjawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, utilitas, fungsi, dan lainnya) sebelum melakukan pembelian.

  • Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di situs tempatniaga tergantung pada monitor komputer maupun media lain untuk mengakses situs tempatniaga oleh Pembeli. Dalam hal ini tempatniaga telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan situs tempatniaga seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada situs tempatniaga akan akurat.

  • Pembeli masuk dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli barang ketika Pembeli membeli suatu barang. 

  • Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok barang merupakan tanggungjawab Penjual. Terkait ketersediaan stok barang dapat berubah sewaktu waktu sehingga dalam keadaan stok barang kosong maka Penjual akan menolak order dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.

  • Pembeli bersedia dibebankan biaya pengiriman sesuai ketentuan yang berlaku.

  1. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antar Pembeli dan Penjual selain melalui rekening resmi tempatniaga dan/atau tanpa sepengetahuan tempatniaga (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs tempatniaga.id atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi Pembeli.

  2. Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaan barang setelah menerima kiriman barang yang dibeli. tempatniaga memberikan batas waktu 5 hari setelah pengiriman berstatus “terkirim” pada situs tempatniaga Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim maka Pembeli menyetujui dilakukan konfirmasi penerimaan Barang secara otomatis oleh tempatniaga.

  3. Setelah adanya konfirmasi diatas maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke rekening resmi tempatniaga akan diteruskan ke Penjual setelah dikurangi dengan biaya yang disepakati (Transaksi dianggap selesai).

  4. Pembeli memahami dan menyetujui setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis adalah bukan menjadi tanggung jawab tempatniaga. Kerugian yang timbul menjadi tanggung jawab Pembeli.

  5. Pengembalian dana dari tempatniaga kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan berikut ini:

  • Masalah pengiriman barang telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan barang tidak sampai.

  • Penjual tidak sanggup memenuhi pesanan karena stok habis, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya.

  1. Transaksi hanya dapat dibatalkan sebelum Pembeli melakukan konfirmasi pembayaran dan disampaikan secara resmi kepada tempatniaga melalui metode yang tersedia, kecuali dalam kondisi adanya pembatalan dari pihak Penjual. Pembeli tidak dapat membatalkan transaksi setelah melunasi pembayaran.

  2. Untuk memastikan keamanan dalam bertransaksi, bagi kepentingan Penjual, Pembeli, dan tempatniaga, tempatniaga berhak untuk meminta informasi tambahan kepada Pelanggan untuk melakukan verifikasi pembayaran atas Produk yang dipesan.

  3. Jika Pembeli gagal melakukan pembayaran sesuai dengan syarat dan ketentuan dari metode pembayaran yang dipilih atau pembayaran dibatalkan untuk alasan apapun, maka tanpa mengurangi hak atau upaya hukum yang tersedia untuk Penjual lainnya, Penjual berhak untuk membatalkan transaksi atau menangguhkan pengiriman barang hingga pembayaran dilakukan secara penuh.

  4. Penjual tidak bertanggungjawab atas garansi atau jaminan atas (atau jaminan lainnya) barang (apabila disediakan oleh Penjual) jika total harga untuk barang belum dibayarkan sepenuhnya pada jatuh tempo pembayaran.

  5. Penjual tidak bertanggungjawab atas cacat pada Produk yang timbul setelah berakhirnya masa berlaku garansi barang.

  6. tempatniaga berwenang mengambil keputusan atas permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antar Penjual dan Pembeli dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan tempatniaga adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.

  7. tempatniaga memiliki kewenangan melakukan perubahan status pemesanan menjadi “terkirim” apabila tidak ada pembaharuan status pengiriman dari kurir setelah 5 hari sejak resi diinput oleh Penjual dan tidak ada konfirmasi lebih lanjut dari Pembeli.  Jika dalam waktu tersebut tidak ada keluhan dari Pembeli maka tempatniaga memiliki kewenangan untuk menyelesaikan transaksi dan meneruskan dana kepada Penjual. Penyesuaian status pemesanan hanya akan dilakukan apabila alamat tujuan pengiriman yang tertera pada invoice pemesanan dan resi kurir telah sesuai.

  8. tempatniaga atas kebijakannya sendiri dapat melakukan penahanan atau pembekuan dana untuk melakukan perlindungan terhadap segala risiko dan kerugian yang timbul, jika tempatniaga menyimpulkan bahwa tindakan Pengguna, baik Penjual maupun Pembeli terindikasi melakukan kecurangan-kecurangan atau penyalahgunaan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan tempatniaga dan jika akun Pengguna diduga atau terindikasi telah diakses oleh pihak lain.

  9. Semua pengembalian dana akan dilakukan melalui mekanisme pembayaran kepada Pembeli dan rekening sumber dana.

  10. tempatniaga tidak memberikan jaminan apapun dalam akurasi waktu masuknya pengembalian dana ke rekening Pembeli. Proses pembayaran mungkin memerlukan waktu dan tunduk pada masing-masing bank dan/atau waktu dari proses internal penyedia sistem pembayaran.

  11. Semua biaya yang berkaitan dengan proses pengembalian yang dikenakan oleh bank dan/atau penyedia sistem pembayaran akan ditanggung oleh tempatniaga.

  12.  Semua pengembalian dana berdasarkan pengembalian barang yang telah valid/sesuai.

  13. tempatniaga berhak untuk melakukan perubahan mekanisme pengembalian dana tanpa kewajiban untuk memberikan pemberitahuan sebelumnya.



V. METODE PEMBAYARAN TRANSAKSI

     Pembayaran oleh Pembeli dapat menggunakan metode pembayaran di bawah ini:


     A. KARTU KREDIT

  1. Apabila terdapat transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan atau syarat dan ketentuan tempatniaga maka tempatniaga.id berwenang untuk:

  • Membatalkan transaksi

  • Menahan dana transaksi selama diperlukan oleh tempatniaga, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan sekurang-kurangnya 30 hari kerja.

  1. Penjual akan dikenakan Biaya Transaksi untuk setiap pembayaran barang yang dilakukan menggunakan kartu kredit.  Ketentuan Biaya Transaksi akan di disampaikan ke Penjual saat melakukan Pendaftaran toko.

  2. Apabila transaksi pembelian tidak berhasil dan atau dibatalkan maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit di tagihan berikutnya.


     B. CIMB CLICKS

  1. Apabila terdapat transaksi pembelian barang dengan menggunakan CIMB Clicks yang melanggar ketentuan hukum dan atau syarat dan ketentuan tempatniaga maka tempatniaga berwenang untuk:

  • Membatalkan transaksi

  • Menahan dana transaksi selama diperlukan oleh tempatniaga, maupupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan sekurang-kurangnya 28 hari kerja.

  1. Penjual akan dikenakan Biaya Transaksi untuk setiap pembayaran barang yang dilakukan menggunakan CIMB Clicks.  Ketentuan Biaya Transaksi akan disampaikan  ke Penjual saat melakukan Pendaftaran toko.

  2. Apabila transaksi pembelian tidak berhasil dan atau dibatalkan maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke rekening sumber dana

  3. CIMB Clicks sebagai alat pembayaran secara online tidak bertanggung jawab terhadap ketersediaan, mutu, jenis, harga, kesesuaian ataupun tidak kesesuaian, jangka pengiriman ataupun tidak terkirimnya barang dan/atau layanan.

  4. Penukaran barang dan/atau layanan merupakan sepenuhnya tanggung jawab Penjual dan segala klaim pengembalian atau penukaran harus dilakukan langsung oleh nasabah dan/atau Pembeli kepada Penjual.

  5. Transaksi hanya dilakukan dalam mata uang Rupiah.

  6. Transaksi hanya dilakukan dalam nominal bulat, tanpa ada decimal sen.

  7. Minimum jumlah transaksi pembayaran melalui CIMB Clicks sebesar Rp. 10.000,-.

  8. Cut off time transaksi adalah jam 23.30, di mana pembayaran tersebut akan tercatat pada transaksi hari yang bersangkutan.

  9. Penjual wajib melakukan rekonsiliasi setiap hari berdasarkan Laporan yang dikirimkan tempatniaga.


     C. Rekening Ponsel

  1. Apabila terdapat transaksi pembelian barang dengan menggunakan Rekening Ponsel yang melanggar ketentuan hukum dan atau syarat dan ketentuan tempatniaga.id maka tempatniaga berwenang untuk:

  • Membatalkan transaksi

  • Menahan dana transaksi selama diperlukan oleh tempatniaga.id, maupupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan sekurang-kurangnya 30 hari kerja.

  1. Penjual akan dikenakan Biaya Transaksi untuk setiap pembayaran - yang dilakukan menggunakan Rekening Ponsel.  Ketentuan Biaya Transaksi akan disampaikan ke Penjual saat melakukan Pendaftaran toko.

  2. Apabila transaksi pembelian tidak berhasil dan atau dibatalkan maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan rekening sumber dana.

  3. Rekening Ponsel sebagai alat pembayaran secara online tidak bertanggung jawab terhadap ketersediaan, mutu, jenis, harga, kesesuaian ataupun tidak kesesuaian, jangka pengiriman ataupun tidak terkirimnya barang dan/atau layanan.

  4. Penukaran barang dan/atau layanan merupakan sepenuhnya tanggung jawab Penjual dan segala klaim pengembalian atau penukaran harus dilakukan langsung oleh nasabah dan/atau Pembeli kepada Penjual.

  5. Transaksi hanya dilakukan dalam mata uang Rupiah.

  6. Transaksi hanya dilakukan dalam nominal bulat, tanpa ada decimal sen.

  7. Minimum jumlah transaksi pembayaran melalui Rekening Ponsel sebesar Rp.10.000,- dan maksimal jumlah sebesar Rp 10.000.000,-

  8. Cut off time transaksi adalah jam 24.00, di mana pembayaran tersebut akan tercatat pada transaksi hari yang bersangkutan.

  9. Penjual wajib melakukan rekonsiliasi setiap hari berdasarkan Laporan yang dikirimkan tempatniaga.



VI. TRANSAKSI OLEH PENJUAL

  1. Penjual dilarang melakukan penawaran/menjual barang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan “Jenis Barang”.

  2. Penjual dilarang membuat peraturan atau ketentuan pribadi Penjual yang bertentangan dengan Syarat & Ketentuan tempatniaga. Jika terdapat pertentangan antara keduanya maka yang berlaku adalah Syarat & Ketentuan tempatniaga.

  3. Penjual wajib memberikan balasan untuk menerima atau menolak pesanan barang dari Pembeli dalam batas waktu 3 hari terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari tempatniaga. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Penjual maka secara otomatis pesanan dianggap batal.

  4. Setelah menyetujui menerima pesanan Pembeli maka Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman barang dalam batas waktu 2 hari (tidak termasuk Sabtu, Minggu dan hari libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Penjual maka secara otomatis pesanan dianggap batal.

  5. Penjual memahami dan menyetujui bahwa pembayaran atas harga barang dan ongkos kirim (diluar biaya transfer/administrasi) akan dikembalikan sepenuhnya ke Pembeli apabila transaksi dibatalkan dan/atau transaksi tidak berhasil.

  6. Dalam keadaan Penjual hanya dapat memenuhi sebagian dari pesanan Pembeli, maka Penjual wajib memberikan keterangan kepada tempatniaga sebelum menerima pesanan dimaksud. Pembeli memiliki kewenangan penuh untuk menyetujui melanjutkan transaksi /membatalkan transaksi dan Penjual dilarang melanjutkan transaksi tanpa persetujuan Pembeli. Apabila telah disetujui ulang oleh Pembeli sesuai dengan jumlah pesanan yang disanggupi oleh Penjual, maka jika sudah terjadi pembayaran selisih dana total harga barang akan dikembalikan ke Pembeli.

  7. tempatniaga.id memiliki kewenangan untuk menahan pembayaran dana di rekening resmi tempatniaga sampai waktu yang telah ditentukan apabila terdapat permasalahan dan klaim dari pembeli, terkait proses pengiriman dan kualitas barang. Pembayaran baru akan dilanjutkan kepada Penjual apabila permasalahan tersebut telah selesai.

  8. tempatniaga berwenang untuk membatalkan dan/atau menahan dana transaksi dalam hal (i) Nomor resi kurir pengiriman barang yang diberikan Penjual tidak sesuai, (ii) Penjual mengirimkan barang melalui jasa kurir/logistic selain dari yang disediakan oleh tempatniaga.

  9. Penjual memahami dan menyetujui bahwa pajak penghasilan Penjual akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku.



VII. PENGATURAN TAMPILAN BARANG

  1. Penjual wajib memisahkan tiap-tiap barang yang memiliki warna, ukuran, dan harga yang berbeda.

  2. Penamaan barang harus dilakukan sesuai dengan informasi detail, spesifikasi dan kondisi barang, dengan demikian Penjual tidak diijinkan mencantumkan nama dan/atau kata yang tidak berkaitan dengan barang tersebut.

  3. tempatniaga memiliki kewenangan mengambil alih sub domain Penjual jika akun tidak aktif lebih dari 1 tahun, dan atau merk dagang resmi (sesuai dengan Daftar Umum Merek di Indonesia) dengan nama yang sama dengan sub domain Penjual melakukan klaim terhadapnya.



VIII. HARGA

  1. Harga barang yang terdapat di situs tempatniaga adalah harga yang ditetapkan oleh Penjual.

  2. Penjual dan Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman situs tempatniaga dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Penjual.

  3. Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Penjual.

  4. Pembeli menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana  yang tertera di halaman pembayaran yang terdiri dari harga barang, ongkos kirim, dan biaya lain yang mungkin timbul (termasuk, tapi tidak terbatas, biaya administrasi) dan akan diuraikan secara tegas di halaman pembayaran

  5. Situs tempatniaga untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli barang dalam mata uang Rupiah.



IX. KONTEN

  1. Dalam menggunakan setiap fitur dan atau layanan tempatniaga.id pengguna dilarang mengunggah atau menggunakan kata-kata, komentar, gambar atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, pelecehan, sarkasme, vulgar, ancaman atau hal–hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial, hukum dan agama. tempatniaga berhak melakukan tindakan penghapusan konten, moderasi, pemblokiran akun dan lain-lain.

  2. Penjual dilarang menggunakan gambar/foto barang yang memiliki water mark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.

  3. Penjual dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar merupakan tanggung jawab Penjual.

  4. Penjual menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten.

  5. tempatniaga menyediakan fitur “comment” untuk memudahkan interaksi Penjual dan Pembeli. Penjual tidak diijinkan menggunakan fitur tersebut untuk tujuan menaikkan harga barang.

  6. Penjual setuju bahwa tidak akan meminta tempatniaga bertanggung jawab atas ketimpangan katalog, termasuk hak Cipta, merek dagang dan hak milik lainnya.



X. JENIS BARANG

    Berikut ini adalah daftar jenis barang yang dilarang diperdagangkan di situs tempatniaga :

  1. Barang-barang yang melanggar HAKI (Hak Kekayaan Intelektual Indonesia) seperti barang bajakan/palsu.

  2. Obat-obatan/zat-zat yang dilarang atau dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan UU Narkotika, UU Psikotropika, UU Kesehatan. Termasuk pula obat keras, obat-obatan yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya, atau obat yang tidak memiliki izin edar dari BPOM.

  3. Kosmetik dan makanan minuman yang membahayakan keselamatan ataupun yang tidak mempunyai ijin edar dari BPOM.

  4. Bahan yang diklasifikasikan sebagai bahan berbahaya dan melanggar ketentuan hukum Indonesia.

  5. Jenis produk tertentu yang wajib memiliki SNI, Petunjuk penggunaan dalam bahasa Indonesia atau label dalam Bahasa Indonesia. Sementara yang diperjualbelikan tidak mencantumkan hal tersebut.

  6. Media berbentuk CD/VCD/DVD atau media rekam lain yang bertentangan dengan UU Hak Cipta.

  7. Barang dewasa penunjang kegiatan sexual termasuk namun tidak terbatas pada obat kuat, obat perangsang, alat bantu sex, pornografi, dan obat-obatan dewasa kecuali alat kontrasepsi yang diijinkan untuk dijualbelikan oleh peraturan hukum yang berlaku.

  8. Minuman beralkohol.

  9. Barang bekas.

  10. Senjata api, senjata tajam dan segala macam senjata.

  11. Dokumen pemerintahan.

  12. Seragam pemerintahan.

  13. Organ manusia.

  14. Barang-barang yang melecehkan pihak/ras/agama tertentu.

  15. Atribut militer dan kepolisian.

  16. Barang curian.

  17. Pestisida, barang kimia.

  18. Pembuka kunci dan segala aksesoris penunjang tindak kejahatan.

  19. Barang yang mudah terbakar atau meledak.

  20. Hewan.

  21. Uang tunai.

  22. Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban nasional.

  23. Materai.

  24. Pengacak / penghilang sinyal, dan atau alat-alat lain yang dapat mengganggu sinyal telekomunikasi.

  25. Perlengkapan dan peralatan judi.

  26. Jimat, benda-benda yang diklaim berkekuatan gaib dan sakti.

  27. Barang dengan hak distribusi eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan system Penjual dan langsung oleh Penjual resmi dan atau barang dengan system MLM.

  28. Benda purbakala atau yang dilindungi pemerintah.

  29. Segala jenis barang lain yang bertentangan dengan peraturan pengiriman barang Indonesia.


XI. PENGIRIMAN BARANG

  1. Pengiriman barang wajib menggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang telah mendapatkan verifikasi rekanan tempatniaga.

  2. Ketentuan terkait proses pengiriman barang adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan ekspedisi.

  3. Penjual wajib mematuhi ketentuan yang ditetapkan jasa pengiriman dan bertanggungjawab atas barang yang dikirimkan sebagaimana tercantum disini.

  4. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa permasalahan pengiriman merupakan tangungjawab penyedia jasa layanan pengiriman.



XII. TARIF PENGIRIMAN

  1. Pembeli memahami dan mengerti bahwa tempatniaga telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tarif pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat.

  2. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman barang adalah diluar tanggung jawab tempatniaga dan oleh karena itu adalah kebijakan Penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukan pengiriman barang.


XII. PENOLAKAN JAMINAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB


         1.    Tempatniaga menyediakan layanan kepada Pengguna, termasuk Penjual dan Pembeli, untuk dapat melakukan transaksi jual beli di situs tempatniaga.
               
Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar Pengguna tempatniaga sehingga Pengguna memahami bahwa  batasan tanggung jawab
                 tempatniaga.id secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.

         2.    Informasi dan data tempatniaga memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.

         3.   Pengguna setuju bahwa dalam memanfaatkan layanan tempatniaga atas risiko Pengguna sendiri dan layan tempatniaga diberikan kepada Pengguna
               pada sesuai kondisi yang ada.                 

        4.   Sejauh diijinkan oleh hukum maka tempatniaga (termasuk induk perusahaan, direktur & karyawan) tidak bertanggungjawab dan Pengguna setuju untuk
              tidak menuntut tempatniaga bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi,
             
keuntungan, kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:

  • penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan layanan tempatniaga.

  • harga pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan

  • kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna

  • kualitas barang

  • pengiriman barang

  • perselisisihan antar Pengguna

  • pencemaran nama baik pihak lain

  • virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya yang dipeoleh dengan mengakses atau menghubungkan ke layanan tempatniaga.

  • gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam layanan tempatniaga.

  • isi, tindakan atau tidak adanya tindakan pihak ketiga termasuk terkait dengan produk yang ada dalam situs

  • tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna

  • adanya tindakan peretasan nyang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna.

Loading...