Filosofi Buah Maulid Nabi yang Mengandung Arti Penting

by Andreas Vincenzo
0 comments
Buah Maulid Nabi

Perayaan Maulid Nabi untuk menyambut hari lahirnya nabi Muhammad sebentar lagi akan di selenggarakan oleh masyarakat muslim di dunia. Dalam setiap acara perayaan maulid Nabi tentu saja sudah biasa jika menemui buah-buahan. Nah, ini dia beberapa jenis buah yang mempunyai filosofi di dalamnya yang di pakai ketika acara majlis maulid Nabi Muhammad SAW. Lantas Buah Maulid Nabi apa saja yang di anjurkan dalam islam?

Keagungan Lima Jenis Buah Maulid Nabi

Buah Maulid Nabi

Apel/Melon/Nanas, jenis buah tersebut mempunyai arti yang mencerminkan adanya pribadi yang selalu dingin. Dan juga membuat dingin atau nyaman untuk orang lain.
Dari berbagai macam keterangan yang di dapat Kyai Asrori pernah menyebutkan jika 3 buah tersebut di majlis yang berbeda. Jadi kita bisa dengan mudah menyimpulkan jika kita bisa memilih salah satu dari 3 buah tersebut.
Buah belimbing, buah belimbing tersebut berbentuk bintang dan mempunyai 5 sisi kulit yang memiliki harapan supaya nanti datangnya berkah kepada kita dari beberapa penjuru. Serta juga 5 sisi tersebut mempunyai simbol dari rukun islam dan sholat fardhu.
Buah Pisang, buah yang satu ini mempunyai makna menjadi nilai manfaat. Seperti halnya yang ada pada akar, batang, buah juga daun pada pohon pisang. Serta juga buah pisang memiliki arti mempunyai sifat yang lemah lembut dan kerendahan hati seseorang.
Buah Manggis, sementara untuk buah ini memiliki makna adanya sifat jujur, dan buah manggis mempunyai aksesoris pada kulit yang ada pada bagian bawah ini jumlahnya pasti sesuai dengan isinya. Juga di dalamnya yang berwarna putih mempunyai simbol kebersihan hati serta ketulusan niat.
Jeruk bali/baby, dari kulit buah jeruk bali ini memiliki dua sisi. Sisi pertama kekuatan atau daya tahan pada kulit buah ini yang tahan akan benturan dari luar.
Dan dari sisi satunya memiliki kelembutan dalam melindungi buah yang ada didalamnya. Dan telah diriwayatkan oleh beliau Kyai Asrori Ra bahwa warna dan aroma dari buah jeruk ini salah satu yang disukai oleh Rasulullah saw. Sedangkan makna dari aroma buah ini sendiri adalah adanya sifat yang akan selalu dapat menengkan orang lain.
Di setiap daerah dalam perayaan maulid Nabi pasti memiliki acara dan makanan khas yang berbeda. Akan tetapi dalam perayaan tersebut pasti kita akan melupakan untuk menyiapkan buah-buahan. Semoga filosofi dari 5 macam buah tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua.

Daftar Buah Favorit Nabi Muhammad

Lantas, apa saja makanan favorit Nabi Muhammad SAW? Simak berikut ini:

  • Buah Anggur

Rasulullah juga menyukai buah anggur yang memiliki banyak khasiat, seperti yang sudah tertaut dalam surah Ar-Rad ayat 4, “Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.”
Anggur memiliki sejumlah manfaat, seperti mengurangi peradangan, mencegah penyakit pikun, dan melancarkan peredaran darah.

 

  • Buah Labu

Selain dapat dinikmati sebagai buah, labu juga dapat diolah menjadi sayur. Buah labu menjadi makanan favorit Rasulullah SAW karena memiliki banyak manfaat, seperti menjaga kesehatan paru-paru, mencegah cacat pada janin, mengobati asma, tekanan darah, penyakit jantung dan kanker.

 

  • Buah Semangka

Buah semangka memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, karena terkandung vitamin A, B, C, folat, serta dapat menurunkan risiko kanker.

 

  • Jahe

Jahe adalah rempah-rempah yang ternyata berasal dari surga, dan menjadi makanan favorit Rasulullah SAW. Jahe berkhasiat untuk pencernaan, sendi, peredaran darah, meringankan gejala flu, dan masih banyak lagi manfaat yang terkandung dalam jahe. Nabi Muhammad SWA sangat menyukai jahe dan semua makanan yang mengandung banyak manfaat.

 

  • Madu

Nabi Muhammad SAW menyukai madu karena memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh manusia. Madu juga dapat menjadi obat. Keistimewaan madu disebutkan dalam surah An-Nahl ayat 68-69 berbunyi,
“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”

 

  • Kurma

Buah kurma sudah tidak asing lagi bagi umat Islam, biasanya kurma akan dicari saat bulan puasa dan dimakan ketika berbuka. Rasulullah SAW menyarankan jika memakan kurma lebih baik dengan jumlah yang ganjil, seperti 1, 3 atau 7.
Rasulullah SAW bersabda dalam HR Al-Bukhari dan Muslim, “Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari makan pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir.”

 

  • Susu

Susu menjadi salah satu minuman favorit Nabi Muhammad SAW. Susu yang biasa dikonsumsi adalah susu kambing dan susu unta. Selain itu susu juga memiliki manfaat menjaga kesehatan jantung, tulang dan meningkatkan sistem imun tubuh.
Susu juga disebutkan dalam surah An-Nahl ayat 66 yang berbunyi, “Dan sungguh, pada hewan ternak itu terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya, susu murni di antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang yang meminumnya.”

 

  • Buah Zaitun

Buah Zaitun banyak memiliki manfaat untuk tubuh dan dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah hingga mengobati asam lambung.
Tertuang dalam HR Ahmad dan Tirmidzi, Rasulullah SAW memerintahkan untuk mengonsumsi buah Zaitun, “Makanlah Zaitun dan gunakanlah ia sebagai minyak karena ia tumbuh dari pohon yang diberkati.”

 

  • Buah Melon

Buah ini juga termasuk salah satu makanan yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Buah Melon juga bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas untuk tubuh.
Diriwayatkan dalam hadis yang berbunyi, “Ummul Mu’minin Aisyah RA meriwayatkan Rasulullah pernah memakan buah melon dengan kurma matang, lalu bersabda, Panasnya buah yang satu ini akan dihilangkan oleh dinginnya buah yang lain, dan dinginnya buah yang satu ini akan dihilangkan panasnya buah yang oleh lain.” (HR Abu Dawud)

 

  • Jelai atau Barley

Makanan ini memiliki khasiat yang lebih baik dari gandum. Jelai dapat membantu mengurangi demam dan biasanya dimasak dalam bentuk sup, sebagai pengganti nasi serta dapat diolah menjadi minuman teh. Bahkan, bisa menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah diabetes.

 

  • Buah Tin

Buah Tin biasa disebut juga sebagai buah surga, dan menjadi salah satu makanan favorit Nabi Muhammad SAW. Buah ini memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Di dalam Al Qur’an terdapat surah dengan nama buah ini, surah At-Tin.
Rasulullah bersabda dalam HR Abu Darda, “Makanlah! Jika engkau berkata, ada buah yang diturunkan dari surga, maka aku bisa katakan, inilah buahnya, karena sesungguhnya buah surga tanpa biji. Oleh karena itu, makanlah, karena buah tin ini dapat menyembuhkan wasir dan encok.”

You may also like

Leave a Comment

About Us

TempatNiaga memberikan informasi teknologi digital terkini yang membahas tips dan trik seputar smartphone dan komputer serta
berita terbaru setiap hari.

Terms and Conditions

Privacy & Policy

Copyright @ 2024 TempatNiaga. All right reserved