Rekomendasi Minyak Pijat Bayi Paling Aman Di Kulit

by Andreas Vincenzo
0 comment

Tidak hanya orang dewasa saja yang membutuhkan pijat. Namun bayi yang baru saja berusia 10 hari saja sudah membutuhkan pijat agar kesehatannya terjaga. Tapi, dalam hal ini sebagai orang tua tidak boleh sembarangan melakukannya. Terlebih lagi untuk minyak yang di gunakan pada si kulit bayi. Maka dari itu kami telah merangkum beberapa rekomendasi khusus Minyak Pijat Bayi yang aman bagi kulit bayi.

Ini Dia Beberapa Rekomendasi Minyak Pijat Bayi

Baby Sebamed Skin Care Oil

Baby Sebamed sangat di anjurkan penggunaannya apabila si bayi mempunyai riwayat alergi, kulitnya kering, maupun juga terkena eksim. Formula hypoallergenic-nya yang ada di dalamnya dengan kandungan bahan alami yang sangat aman bagi kulit si Bayi yang sensitif.

Tidak hanya itu, minyak pijat yang satu ini juga tidak lengket pada kulit si Bayi. Bunda juga bisa, lho menggunakan minyak pijat baby ini pada masa kehamilan. Sebab minyak ini terbuat dari bahan yang fokus untuk kulit kering. Di mana Baby Sebamed Skin Care Oil dapat mengurangi stretch mark.

Langkah untuk penggunaannya gampang, usapkan minyak pijat tersebut ke seluruh tubuh. Terlebih lagi pada daerah-daerah lipatan kulit yang rawan timbul ruam ya bund.

Botanina Comforting Baby Oil

Minyak pijat merk yang satu ini baik untuk di pakai bayi usia 6 bulan ke atas. Botanina Comforting Baby Oil sendiri telah mendukung sistem imun si Bayi serta juga bisa mengatasi beberapa masalah kulit. Bahkan juga bisa meredakan sakit kepala, masuk angin, sakit perut, hingga gangguan pernapasan.

Menariknya lagi, jika rutin memijat dengan menggunakan minyak ini juga bisa meningkatkan nafsu makan lho, bunda. Apabila pada dasarnya produk minyak pijat lain hanya tahan 2 hingga 3 bulan setelah di buka, beda lagi dengan Botanina Comforting Baby Oil ini bisa tahun sampai dengan setahun setelah kemasan di buka.

Cetaphil Baby Massage Oil

Merk minyak yang berasal dari Australia ini memang telah terjamin keamanannya. Apabila bunda sangat mengutamakan keamanan dan kualitas, maka minyak pijat yang satu ini dapat menjadi pilihannya. Di mana Cethaphil Baby Massage Oil ini juga bisa di pakai sejak si Bayi baru lahir.

Minyak pijat tersebut juga mengandung ekstrak bunga alami yang mampu melembutkan sekaligus juga mampu untuk menghaluskan kulit bayi. Produk tersebut juga mengandung calendula organik yang mampu untuk membantu pertumbuhan sel kulit. Tidak hanya itu, di kajabformula hypoallergenic-nya menghindarkan bayi dari iritasi kulit.

Cara Yang Tepat Untuk Memberikan Pijatan Pada Bayi

Cara Memijat Bayi

Sentuhan sendiri merupakan langkah yang kuat untuk menyampaikan cinta ibu pada sang buah hati. Dalam beberapa minggu pertamanya, berikan usapan pelan dan positif, serta juga hindari terlalu lama memijatnya pada satu area.

Bayi yang baru saja lahir dapat menjadi merasakan terlalu banyak stimulasi pada indranya. Bahkan juga pada umumnya akan mencari ketenangan pada orang tua mereka dalam beberapa minggu pertama. Seeta juta sebagian mungkin hanya menginginkan usapan yang sangat lembut.

Melemaskan Tangan

Apabila bayi kalian menunjukkan kesediaannya untuk di pijat, cobalah unyuk mulailah dengan melemaskan tangannya. Teknik pijat dengan melemaskan tangan ini di pakai sebelum memijat area tubuhnya. Teknik tersebut juga bisa di pakai ketika bayi butuh istirahat selama di pijat. Hal tersebut menjadi salah satu cara yang baik supaya nantinya si bayi merasa aman dan menikmati sentuhan kalian.

Kaki

Periksa terlebih dahulu apakah baby oil di tangan kalian sudah cukup sebelum melakukan pijat bayi. Bagi bayi yang baru lahir, cobalah untuk mulailah dari bagian kakinya. Sebab pada umumnya bayi tidak akan menolak ketika di pijat pada area ini. Berikan terlebih dahulu usapan ke pada bagian arah bawah untuk membuatnya lebih rileks.

Kaki – Milking

Pegang pergelangan kaki bayi dengan cara lembut dengan menggunakan satu tangan. Kemudian letakkan tangan ibu yang satu lagi di atas paha bayi, Selanjutnya barulah turunkan ke bawah, sambil mengusap sekeliling kaki sampai dengan l pergelangan kaki bayi, dengan cara gerakan seperti sedang memerah atau milking.

Telapak Kaki

Umumnya, bayi suka saat dipijat kakinya. Perhatikan reaksi bayi ibu untuk mengetahui sensitivitasnya. Sedikit pijatan pada kaki dapat memberikan efek positif untuk seluruh tubuhnya.

Genggam dengan lembut dan usap masing-masing jari kaki menggunakan ibu jari dan telunjuk Anda. Usap bagian atas telapak kaki mulai jari kaki hingga pergelangan kaki menggunakan ibu jari ibu. Ulangi selama beberapa kali.

Perut

Jika tali pusarnya sudah sembuh, pijatan lembut di perutnya dapat membantu pencernaan dan masalah pada perut.

Mulailah dengan menyentuh perut bayi dengan usapan yang lembut. Jika bayi merasa senang, berikan usapan lembut menggunakan satu tangan Anda, diikuti tangan yang lain.

Punggung

Kontak dari-kulit-ke-kulit dapat meningkatkan ikatan antara bayi, ibu, dan ayah. Sambil memeluk bayi ibu dekat di dada, pijatlah punggungnya mulai dari leher sampai ke bawah.

Beragam Manfaat Pijat untuk Bayi

Pijat merupakan salah satu bagian dari perawatan bayi baru lahir yang bermanfaat untuk memperkuat bonding. Lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat pijat bayi yang perlu Ibu tahu:

Tidur Nyenyak

Mengutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), rutin memijat bayi dapat membantu si Kecil tidur lebih nyenyak sepanjang malam.

Sebuah studi juga membuktikan memijat bayi mampu mengurangi risiko rewel karena terbangun di tengah malam karena tidurnya jadi lebih lelap.

Membangun Bonding

Selain lewat tangisan, bayi yang baru lahir berkomunikasi dengan Ibu lewat sentuhan. Oleh karena itu, pijat juga bisa bermanfaat untuk membangun bonding antara Ibu dan si Kecil.

Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi Ibu untuk memahami dan merespon kebutuhan bayi dengan lebih baik. Bayi juga belajar untuk memercayai sentuhan dan ucapan Ibu.

Meningkatkan Berat Badan

Pijat juga berhubungan erat dengan peningkatan berat badan si Kecil.

Rutinitas bayi baru lahir ini dipercaya dapat meningkatkan aktivitas sistem vagal dan motilitas (gerakan) lambung, sehingga penyerapan nutrisi lebih efisien untuk meningkatkan berat badan.

Menariknya, efek pijat terasa lebih besar ketika menggunakan minyak kelapa dan minyak bunga matahari.

Baca Juga : Rekomendasi Alat Pijat Elektrik Pelepas Rasa Pegal

Membuat Bayi Rileks

Pijat membuat bayi nyaman karena tekanan lembutnya membantu mengatur sistem pernapasan dan melancarkan sirkulasi darah.

Sentuhan hangat dari Ibu pun membantu meredakan gejala kolik dengan menurunkan produksi hormon stres.

Mendukung Perkembangan Otak Bayi

Manfaat pijat bayi juga bagus untuk stimulasi bayi baru lahir, terutama untuk perkembangan otaknya.

Sementara dipijat, bayi akan belajar banyak sekali hal baru, seperti sentuhan, aroma minyak pijat, hingga bagaimana cara Ibu berkomunikasi dengannya.

Stimulasi tersebut akan membantu pembentukan myelin, yakni selubung pembungkus otak yang berfungsi untuk mengatur kemampuan motorik, sensorik, dan kognitif.

Meredakan Sembelit

Pijat perut dengan pola ILU dapat membantu meredakan sembelit bayi dengan merangsang gerak peristaltik (gerakan usus mendorong makanan dari mulut hingga ke anus).

Ketika gerak peristaltik lancar, feses bisa cepat berpindah dari usus ke anus untuk dikeluarkan sehingga bayi bisa BAB dengan lebih lancar. Pijat juga bantu mengurangi ketidaknyamanan dan rasa sakit akibat BAB keras.

Jadi itu dia beberapa rekomendasi khusus Minyak Pijat Bayi yang akan untuk kulit bayi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua!

You may also like

Leave a Comment

About Us

TempatNiaga memberikan informasi teknologi digital terkini yang membahas tips dan trik seputar smartphone dan komputer serta
berita terbaru setiap hari.

Terms and Conditions

Privacy & Policy

Copyright @ 2024 TempatNiaga. All right reserved