Game Bahasa Inggris Untuk Edukasi Anak Agar Mudah Paham

by Andreas Vincenzo
0 comment

Bahasa Inggris memang di butuhkan dalam dunia pendidikan saat ini. Beda halnya dengan beberapa tahun lalu yang mana bahasa Inggris masih belum di jadikan sebagai mata pelajaran pokok dalam dunia pendidikan. Nah, maka dari itu untuk memberikan pembelajarannya pada anak di bawah umur terkait dengan bahasa inggris kalian bisa langsung saja gunakan Game Bahasa Inggris ini ya. Anak-anak tidak hanya mendapatkan kebahagiaan dan keseruan saja, namun juga bisa mendapatkan pendidikan bahasa inggris secara tidak langsung dalam permainan tersebut.

Intip Beberapa Rekomendasi Untuk Game Bahasa Inggris yang Bisa Di Pilih

Game Bahasa Inggris Tebak Suara

Tidak hanya mengandalkan gambar namun untuk kali ini anak-anak di minta agar bisa menentukan suara yang di munculkan dari bunyi benda apa. Di mana permainan edukasi ini dapat menjadi langkah baru belajar bahasa Inggris sambil lalu bermain.

Namun tak hanya mengembangkan kemampuan mereka dalam mendengar kata-kata dalam bahasa Inggris. Namun di sini anak-anak juga melatih kemampuan analisis terhadap informasi yang di peroleh. Sehingga dengan begitu maka anak mampu berpikir kritis serta juga kreatif.

Bahkan selain dari itu, tebak suara bisa juga untuk melatih cara berbahasa dan berbicara. Dan, kosakata anak bisa bertambah dengan bermain game tersebut.

Game Bahasa Inggris Tebak Gambar

Salah satu contoh game bahasa inggris paling gampang dan menyenangkan untuk di pakai ketika akan mengajarkan bahasa Inggris ke anak kita. Permainan yang satu ini mengajarkan banyak kosakata baru dalam bahasa Inggris kepada anak-anak di bawah umur.

Kita di sini hanya perlu mempersiapkan kumpulan flashcard dari beberapa benda paling umumnya dan juga sering di temui. Ada kata dalam bahasa Inggris dan juga penjelasan singkatnya untuk masing-masing benda pada bagian flashcard.

Game Bahasa Inggris Simon Says

Game Bahasa Inggris selanjutnya di sini yang sering di gunakan para guru yaitu permainan bernama ‘Simon Says’. Permainan yang satu ini termasuk dalam metode pembelajaran bertipe total physical response (TPR).

Ketika kalian bermain Simon Says, kita akan menyebutkan beberapa kata perintah di depan anak. Dan yang hanya boleh melakukannya jika kita terlebih dahulu berkata, ‘Simon Says’. Apabila tidak, maka si anak tidak perlu mengikuti perintah kita.

Game Bahasa Inggris Scrabble

Game Bahasa Inggris selanjutnya ini menjadi game yang menarik dan populer di dunia. Permainan tersebut dapat langsung di mainkan bersama maksimal 3 orang lainnya. Kita di sini akan diminta menyusun kata-kata dalam bahasa Inggris dengan cara menggunakan kotak huruf dari papan permainan.

Karena semakin banyak kosakata bahasa Inggris yang kita kuasai, maka tentu saja akan semakin besar peluang kita untuk menang. Uniknya lagi, dari masing-masing kata bahasa Inggris yang berhasil kita rangkai akan memberikan poin-poin berdasarkan petak permainan.

Terdapat beberapa bonus poin untuk petak tertentu dalam game tersebut. Raih poin maksimal dengan cara memilih kata secara cermat untuk di jadikan sebagai pemenangnya!

Game Bahasa Inggris Pictionary

Sesuai dengan namanya, game bahasa inggris Pictionary adalah salah satu contoh permainan edukasi yang akan mengukur seberapa banyak kosakata bahasa Inggris yang kita kuasai. Tidak sampai di situ saja, game bahasa inggris Pictionary juga melatih anak untuk berkreasi dengan kata-kata dalam bahasa Inggris.

Lantas bagaimana cara mainnya? Pertama kalian siapkan selembar kertas atau kanvas putih besar untuk menggambar suatu benda, kemudian ajak si Kecil untuk menebaknya. Lalu barulah persiapkan banyak gambar sebanyak mungkin dengan kata-kata bahasa Inggris dasar yang harus di tebak oleh anak.

Game Bahasa Inggris Last Man Standing

Contoh lainnya dari permainan bahasa inggris yang mendorong kreativitas anak sambil belajar bahasa Inggris, yaitu berupa game yang bernama Last Man Standing. Di mana game Last Man Standing adalah permainan berkelompok, jadi kita bisa mengajak si kecil bersama temannya untuk bermain bersama. Setelah berkumpul dan menentukan topik pembelajaran, kita akan memberi sebuah bola kepada salah satu anak dan memintanya untuk menyebutkan satu kata berkaitan dengan topik yang sudah ditentukan.

Bila anak tersebut berhasil menjawabnya maka dia melanjutkan dan mengoper bolanya ke anak lain. Anak berikutnya kembali diminta untuk menyebutkan kata lainnya dari topik sama. Jika salah, atau kata tersebut sudah pernah disebutkan, maka dia harus keluar dari lingkaran. Permainan berlanjut hingga tinggal satu anak saja yang tersisa di lingkaran.

Game Bahasa Inggris Hangman

Hangman juga sangat menarik dan bisa dimainkan bersama teman. Permainan ini diawali dengan kita menentukan suatu kata dalam bahasa Inggris yang masih dirahasiakan dari anak-anak lain.

Secara bergiliran, setiap anak akan menyebutkan huruf-huruf yang kemungkinan ada dalam kata tersembunyi itu. Bila benar, maka kita harus membuka huruf tebakannya sesuai urutan huruf pada kata yang harus ditebak, sehingga mempermudah anak lain untuk menebak huruf tersisa atau bahkan langsung mengetahui kata yang dimaksud.

Sayangnya, anak-anak hanya diberi kesempatan terbatas untuk menyebutkan huruf-huruf yang mungkin terdapat di kata misteri. Bila kita sudah menentukan hanya ada 6 kali kesempatan untuk menebak, maka jika sudah melebihi, kata tersebut akan dibuka dan anak-anak dinyatakan kalah.

Game Bahasa Inggris Find the Different

Masih seputar tebak-tebakan, game edukasi Find the Different juga mengharuskan kita menyiapkan gambar. Kali ini, sediakan dua gambar yang sekilas akan terlihat mirip namun sebenarnya ada beberapa perbedaan di titik-titik tertentu.

Lewat game-game edukasi online ini, anak diajak untuk melatih fokus mereka pada suatu gambar benda, sekaligus menggunakan memori pendek yang terekam pada otak mereka. Ketika menemukan perbedaan, bagian otak terbesar yang ada di bagian depan kepala kita akan terlatih. Hal ini berkaitan dengan kemampuan merencanakan dan memperhatikan.

Game Bahasa Inggris Anak Khan Academy Kids

Game edukasi anak yang pertama di sini ada Khan Academy Kids. Khan Academy Kids mencakup ribuan kegiatan interaktif untuk balita, anak-anak prasekolah, dan taman kanak-kanak. Dalam permainan game edukasi anak lengkap satu ini, anak-anak bisa belajar membaca, bahasa, menulis, matematika, perkembangan sosial-emosional, keterampilan pemecahan masalah, dan pengembangan motorik. Tentunya materi pembelajaran ini dikemas sedemikian rupa supaya anak menikmati proses bermain sambil belajar ini.

Baca Juga : Nostalgia Dengan Deretan Game PS2 Bagi Para Gamer Indonesia

Game Bahasa Inggris Anak 94 Degrees: Fun Trivia Quiz

Game 94 degrees menandakan suhu atau tingkat kehangatan, Toppers. Semakin dekat kamu dengan jawaban, semakin hangat pula. Konsep permainan ini adalah menebak sesuatu, mulai dari anggota tubuh, negara, atau bahkan memilih buah-buahan. Jadi, permainan yang simpel ini cocok untuk anak-anak tapi masih tergolong menyenangkan dan cukup menantang untuk remaja atau bahkan orang dewasa!

Game Bahasa Inggris Anak Duolingo

Kamu bisa mengajarkan anak berbahasa asing dengan cara yang menyenangkan melalui game edukasi anak Duolingo. Aplikasi game edukasi anak ini tidak hanya mengajarkan bahasa Inggris, namun juga ada 30 bahasa asing lainnya yang bisa dipelajari anak, antara lain bahasa Mandarin, Perancis, Italia, Spanyol, Korea, Jepang, dan lainnya. Tampilan Duolingo yang sangat menarik dijamin akan sangat menarik bagi si kecil dalam mempelajari bahasa asing.

Itu dia rekomendasi khusus untuk anak anak yang sedang ingin belajar bahasa Inggris dengan menggunakan Game Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua.

You may also like

Leave a Comment

About Us

TempatNiaga memberikan informasi teknologi digital terkini yang membahas tips dan trik seputar smartphone dan komputer serta
berita terbaru setiap hari.

Terms and Conditions

Privacy & Policy

Copyright @ 2024 TempatNiaga. All right reserved